PERMASALAHAN

Waco, Texas

Dari Engedi sampai ke Eneglaim

 

 


Oleh :

General Association of

Davidian Seventh-day Adventist

Dewan Eksekutif

1988 / 1990

(bag. 4)

 

 

Adakah Jehezkiel 47 menunjukkan bahwa Markas Besar harus berada di New York ?  

Jawabannya adalah t i d a k. Mountaindale, New York telah dipilih menjadi Markas Besar atau basis operasi karena sebab BEBERAPA KEADAAN  DARI TAKDIR. TAKDIR ALLAH TELAH MENGHANTARKAN UMAT-NYA  KE TEMPAT ITU. Untuk kenyataan ini, hampir semua sudah membuktikan, termasuk mereka yang kini menganjurkan pindah kembali ke Waco, Texas. Jehezkiel 47 sebagaimana yang dijelaskan di dalam buku kecil ini, hanya menonjolkan penjelasan nabi terhadap permasalahan itu. Iaitu menunjuk kepada arah yang akan diambil oleh pekerjaan Allah --- yaitu arah ke timur. Iaitu tidak secara khusus menyebut New York. Sekalipun demikian, pekabaran itu sebagaimana yang diumumkan oleh Markas Besar, Pusat (1 SC 10 : 3) dari pekerjaan akan mengambil suatu “arah perjalanan ke timur” sebagaimana tampak pada aliran dari “mata air” itu yang akan berkembang menjadi sungai yang besar dari nubuatan Jehezkiel……” 1 SC 10 : 3.  Dan karena aliran-aliran tidak akan mengalir kembali ke belakang, maka “Pusat” (1SC 10 : 3) pekerjaan tak dapat tiada harus pindah arah ke timur ke lautan Atlantik (2 SR : 297) atau Pantai Timur, sebab bagian terbesar anggota berada melewati lautan Atlantik (2 SR : 297).

Dimanakah ke arah lautan Atlantik atau Pantai Timur markas besar harus didirikan? Mengikuti pedoman-pedoman yang sudah digariskan oleh nabi itu sendiri sewaktu ia memindahkan markas besar ke Waco, maka markas besar itu harus sesuai dengan prinsip-prinsip ilahi. Prinsip-prinsip yang manakah itu ? Bacalah kembali 1 SC 10 : 1 - 3. Kebanyakan dari prinsip-prinsip itu sudah dikutip di dalam buku kecil ini. Tetapi untuk melihat kembali sekaliannya itu dikemukakan di sini sebagai berikut :

  1. Iaitu harus terletak di tengah-tengah bagi seluruh pihak di lapangan. Pada waktu ini seluruh lapangan itu bukan hanya Amerika, melainkan sudah melewati benua Atlantik --- 2 SR : 297.
  2. Bagi penghematan ongkos pengiriman pos, transportasi dan perbekalan. (1 SC 10 : 1)
  3. “Suatu arah perjalanan ke timur akan terlihat dari aliran dari “mata air” yang akan berkembang menjadi sungai yang besar dari nubuatan Jehezkiel (1 SC 10 : 3)
  4. Ia itu harus berupa daerah pedesaan (1 SC 10 : 3).

Dalam tahun 1983 karena sebab berbagai perbedaan pendapat yang serius dalam doktrin dan Alkitab dengan Persekutuan Salem, maka setelah berdoa dan berpuasa dan banyak sekali diskusi-diskusi diadakan selama kurang lebih setahun, yang memohon kepada Allah untuk bimbingan bagi pekerjaan-Nya dan menunjukkan kepada umat-Nya jalan yang manakah yang harus mereka tempuh, maka suatu Session telah diadakan di New York, dimana pada waktu itu pertikaian itu dipusatkan. Pada pertemuan itu telah diputuskan dengan suara bulat untuk mengorganisir sebuah Persekutuan yang lain. Jelas sekali pada waktu itu bahwa tidak ada lagi jalan kembali, tidak ada lagi pilihan yang lain. Pertemuan itu telah menjadi terkenal sebagai pertemuan session yang pertama dari General Association of Davidian SDA -- Gunung Karmel. Telah diputuskan pada waktu itu bahwa markas besar untuk sementara berlokasi di New Rochelle, New York di lantai bawah dari suatu keluarga Davidian. Tetapi itu bukanlah merupakan lokasi yang permanen bagi markas besar.  Dewan Eksekutif kemudian mulai mencari tanah-tanah yang terutama di sebelah timur Texas. Dimanapun juga di sebelah barat Texas tidak lagi dipertimbangkan sebab sebagian mereka sudah menyadari akan pernyataan di dalam 1 SC 10 : 3  dimana Ilham menyebutkan aliran yang mengarah ke timur. Dewan terus mencari dengan penuh doa sementara para anggota di lapangan terus berdoa dan menunggu hasilnya.

Pada waktu yang sama para anggota terkesan oleh adanya pernyataan dari Roh Nubuatan mengenai pentingnya pekerjaan di pantai timur. New York terutama telah menjadi sasaran karena sebab ucapan Nyonya White berikut ini, yang telah memberi kesan kepada semua mereka.

“Di bawah pengarahan dari Allah misi di New York telah dimulai ---- disini hendaklah suatu pusat bagi pekerjaan Allah dibangun dan hendaklah semua yang sudah dibuat akan menjadi lambang bagi pekerjaan yang Tuhan kehendaki terlaksana di dunia.” – 7 T : 37.

Sebab itu, sementara waktu terus berlalu, melalui berbagai bukti yang tidak salah, maka Dewan telah dihantarkan ke suatu lokasi yang sangat sederhana di Mountain dale, New York, kira-kira 100 mil dari New York City. Apakah lokasi ini dapat memenuhi prinsip-prinsip yang diilhami itu ?  Ya, benar sekali. New York terletak di tengah-tengah untuk melayani seluruh ladang secara Internasional, sebab kebanyakan keanggotaan sidang berada “melewati lautan Atlantik.” (2 SR : 297). Bagi perjalanan di sana adalah lebih murah. New York terletak di pantai Atlantik, dan merupakan jantung dari perdagangan dunia. Ini telah menarik berjuta-juta orang imigran datang ke New York. .................................................... ..............................................................................................................................  ..............................................................................................................................