Pekabaran
yang akan menerangi Bumi  

 


“Sedikit sekali perhatian diberikan kepada Alkitab, maka Tuhan telah mengaruniakan sebuah terang yang lebih kecil  untuk menghantarkan pria dan wanita kepada terang yang lebih besar.” -- Evangelism, p. 9.

 

Alkitab yang tersedia di zaman raja Daud sebagaimana diketahui terdiri dari kelima buku tulisan Musa : Kejadian, Keluaran, Immamat, Bilangan, dan Ulangan, Kemudian buku-buku : Juzak, Hakim-Hakim, Ruth, I Samuel dan II Samuel, I Raja-Raja, dan II Raja-Raja, I Tawarikh dan II Tawarikh,  Ezra, Nehemiah, Esther, Ayub, dan terakhir buku Mazmur dari Daud sendiri. Dari ucapannya yang berbunyi: “Firman-Mu adalah bagaikan pelita bagi kakiku, dan sebuah terang bagi jalanku.”Mazmur 119 : 105, dapatlah dipahami, bahwa keseluruhan buku-buku yang tersedia di zamannya itu benar-benar sudah sepenuhnya dipahaminya. Jadi, yang dimaksud oleh nabi Daud dengan t e r a n g   atau p e l i t a  itu tak dapat tiada berarti p e n j e l a s a n  atau p e m a h a m a n.
 
Tetapi terhadap kita umat Masehi Advent Hari Ketujuh, Tuhan Allah melalui ucapan hamba-Nya Nyonya White mengatakan : “Sedikit sekali perhatian diberikan kepada Alkitab, maka Tuhan telah memberikan sebuah terang yang lebih kecil untuk menghantarkan pria dan wanita kepada terang yang lebih besar.” Evangelism, p. 9.

Sedikit sekali perhatian diberikan kepada Alkitab oleh umat kita, adalah jelas karena sebab kurang mengerti. Itulah sebabnya, maka Tuhan telah mengirimkan kepada kita sebuah terang yang lebih kecil, yang akan membimbing kita kepada terang yang lebih besar.  Terang yang lebih kecil di zaman Nyonya White tak dapat tiada dimaksud kepada pekabaran tiga malaikat dari Wahyu 14, yaitu Roh Nubuatan. Roh Nubuatan itu terdiri dari sejumlah besar buku-buku tulisan dari hamba Tuhan Nyonya White sendiri selama masa hidupnya yang lalu.   

Di bawah terang yang lebih kecil dari Roh Nubuatan itulah kita akan dibawa kepada terang yang lebih besar, dan itulah terang baru dalam pengertian Roh Nubuatan.

Terang baru dalam pengertian Roh Nubuatan

Terang = pekabaran. Adanya terang baru berarti akan datang lagi sesuatu pekabaran baru yang tentunya belum pernah dikenal sebelumnya. Dan ini akan merupakan sebuah terang yang lebih besar lagi daripada Roh Nubuatan yang sudah kita kenal selama ini. Untuk inilah hamba Tuhan Nyonya White menuliskannya sebagai berikut :   

“Masih banyak kebenaran yang berharga yang akan diungkapkan kepada umat dalam masa yang berbahaya dan gelap sekarang ini, tetapi adalah maksud Setan yang sudah bertekad untuk menghalangi terang kebenaran itu agar tidak menyinari ke dalam hati orang-orang. Jika kita ingin mendapatkan terang itu yang telah disediakan bagi kita, kita harus menunjukkan kerinduan kita terhadapnya dengan cara menyelidiki firman Allah dengan tekun. Kebenaran-Kebenaran berharga yang sudah lama tersembunyi akan diungkapkan dalam suatu terang yang akan memanifestasikan nilainya yang suci; karena Allah akan memuliakan firman-Nya, agar  iaitu dapat terlihat dalam suatu terang, dimana  kita b e l u m   p e r n a h  menyaksikannya sebelumnya.”Counsels to Sabbath School Work, p. 25.  

Dalam pengertian Roh Nubuatan dari Nyonya White, terang baru itu akan benar-benar baru, dimana kita b e l u m  p e r n a h  menyaksikannya sebelumnya, baik di dalam Alkitab maupun di dalam Roh Nubuatan dari Nyonya White. Beliau menambahkan lagi  sebagai berikut :

“Hanya mereka yang sedang menghayati terang yang mereka miliki (Roh Nubuatan), yang akan menerima terang yang lebih besar lagi. Jika kita tidak setiap hari maju terus dalam memperlihatkan kebaikan sifat-sifat Kristen yang giat, maka kita tidak akan dapat mengenali berbagai manifestasi dari Roh Suci dalam hujan akhir itu. Ia itu mungkin turun pada hati orang-orang di sekitar kita, tetapi kita sendiri tidak dapat mengenal atau menerimanya.”Testimonies to Ministers, p. 507.

Artinya, karena kita kini sudah berada dalam bulan pertama dari hujan akhir dari nubuatan Joel 2 : 23, maka berbagai manifestasi dari Roh Suci dalam hujan akhir telah muncul dalam sebuah terang baru, yaitu terang yang lebih besar lagi daripada Roh Nubuatan. Hanya orang-orang Masehi Advent Hari Ketujuh yang sedang terus menghayati terang dari Roh Nubuatan, yang akan menerima terang yang lebih besar lagi itu. Karena terus menganut Roh Nubuatan, maka mereka akan dikenal juga sebagai para reformator kesehatan. Untuk itulah hamba Tuhan mengatakan :

“Reformasi Kesehatan bertugas sebagai sarana milik Tuhan untuk mengurangi penderitaan di dalam dunia kita, serta untuk menyucikan sidang-Nya. …… Pekerjaan ini memperoleh bubuhan tanda tangan sorga, dan akan membuka pintu-pintu bagi masuknya k e b e n a r a n – k e b e n a r a n berharga lainnya.”Counsels on Diet and Food, p. 77.  

Reformasi Kesehatan adalah bagian dari pekabaran Roh Nubuatan dari Nyonya White. Hanya para penganut Roh Nubuatan yang bereformasi kesehatan, yang akan diberkahi dengan kebenaran-kebenaran berharga lainnya, yaitu berbagai terang baru yang lebih besar lagi daripada Roh Nubuatan.

Terang Baru
dari pekabaran malaikat Wahyu 18 : 1

“Maka sesudah segala perkara ini aku tampak seorang malaikat lain turun dari langit, memiliki kuasa besar, maka bumi telah diterangi oleh kemuliaannya.”Revelation 18 : 1.

“Kemudian aku tampak seorang malaikat perkasa lainnya bertugas turun ke bumi, untuk menggabungkan suaranya dengan malaikat yang ketiga, dan memberikan kuasa dan kekuatan kepada pekabarannya. Kuasa besar dan kemuliaan telah diberikan kepada malaikat itu, maka sementara ia turun, bumi telah diterangi oleh kemuliaannya. ……….. Pekabaran ini tampaknya merupakan suatu tambahan kepada pekabaran malaikat yang ketiga, yang bergabung dengannya bagaikan seruan tengah malam bergabung dengan pekabaran malaikat yang kedua dalam tahun 1844.”Early Writings, p. 277.
 
Sebagaimana “malaikat- malaikat” dari Wahyu 14 telah melambangkan pekabaran-pekabaran dari sorga, maka malaikat dari Wahyu 18 : 1 itupun tak dapat tiada melambangkan yang sama, yaitu sesuatu pekabaran atau terang kebenaran.

Bumi ternyata baharu dapat diterangi oleh kemuliaan dari terangnya, apabila kedua pekabaran itu sudah bergabung menjadi satu.

Karena kita sudah tahu bahwa pekabaran Roh Nubuatan dari hamba Tuhan Nyonya White telah dilambangkan oleh malaikat yang ketiga dari Wahyu 14, dan pekabaran Tongkat Gembala dari Sdr. Victor T. Houteff pun telah datang sebagai pekabaran dari Malaikat Wahyu 18 : 1, maka penggabungan dari kedua pekabaran itu di dalam ROH NUBUATAN sajalah yang akan menerangi bumi. Perhatikanlah, bahwa Roh Nubuatan saja tidak cukup berkuasa untuk menerangi bumi. Demikian pula halnya, bahwa Tongkat Gembala tidak ditugaskan sendiri untuk menerangi bumi. Olehnya itu, maka kedua pekabaran itu harus bergabung.  

Dari nubuatan Zakharia pasal 4 yang sudah terungkap pengertiannya di antara kita, dapatlah dipahami, bagaimana Alkitab (Wasiat Lama dan Wasiat Baru) itu telah diinterpretasikan selengkapnya ke dalam mangkok keemasan, yang melambangkan ROH NUBUATAN. Pertama sekali iaitu diinterpretasikan oleh hamba Tuhan Nyonya White, yang telah menghasilkan Roh Nubuatan di dalam mangkok keemasan itu. Kemudian menyusul oleh Zerubbabel (Sdr. Victor T. Houteff) yang menghasilkan Tongkat Gembala, yang telah mengisi mangkok keemasan itu sampai penuh, berupa ROH NUBUATAN, yang akan menjadi landasan dari Rumah Allah di akhir zaman ini. Demikianlah bagaimana Alkitab itu telah berkembang menjadi sebuah t e r a n g   b e s a r, yang kini sedang menerangi Gereja kita, untuk kemudian kelak akan menerangi seluruh bumi sampai kepada akhir masa kasihan yang akan datang.

Penggabungan dari kedua pekabaran itu
Menjadi ROH NUBUATAN

Pekabaran dari Malaikat Wahyu 18 : 1 itu akan ditemukan di dalam buku-buku terbitan Tongkat Gembala berikut ini :

Buku-buku terbitan Tongkat Gembala – Victor T. Houteff:

1.     Tongkat Gembala jilid I.

2.     Tongkat Gembala jilid II.

3.     Tongkat Gembala edisi khusus

4.     Traktat 1. Panggilan Jam kesebelas extra

5.     Traktat 2. Paradox besar sepanjang zaman

6.     Traktat 3. Pehukuman dan penuaian
                        Penuaian Perumpamaan - Upacara bayangan

7.     Traktat 4. Berita-berita terakhir bagi “Ibu”

8.     Traktat 5. Amaran terakhir – Tujuh Trompet

9.     Traktat 6. Mengapa binasa ?

10.    Traktat 7. Pertentangan besar mengenai
                         “Tongkat Gembala”

11.    Traktat 8. Gunung Sion pada jam kesebelas

12.    Traktat 9. Tengok …… Aku jadikan segala
                         perkara baru

13.    Traktat 10. Lambang Yunus

14.    Traktat 11. Gelar-gelar Allah tidak
                           terbatas pada hanya satu bahasa.

15.    Traktat 12. Dunia kemarin, hari ini, esok

16.    Traktat 13. Salam hangat dari Kristus

17.    Traktat 14. Kabar-kabar perang meramalkan

18.    Traktat 15. Kepada tujuh sidang

19.    Keimammatan dari Davidian Masehi Advent
         Hari Ketujuh

20.    Kepercayaan-kepercayaan dasar Davidian
         Masehi Advent Hari Ketujuh

21.    Tanya Jawab buku 1

22.    Tanya Jawab buku 2

23.    Tanya Jawab buku 3

24.    Tanya Jawab buku 4

25.    Tanya Jawab buku 5

26.    Amaran Sekarang jilid 1 buku 1 – 9 (no. 1 – 52)

27.    Amaran Sekarang jilid 2 buku 1 – 8 (no. 1 – 46)

28.    Asal mulanya Makanan dan Kesehatan

29.    Cookright Cookbook
         (belum diterjemahkan) (isinya resep-resep makanan)

30.    Khusus dari General Conference 1950

31.    Pembina Gedung Putih

32.    Melaporkan kegiatan-kegiatan yang non Adventist

33.    Surat-surat dari VH Jezreel HB

34.    Simbolic Code buku 1 – 5 (yg diterjemahkan
         baru sampai buku 4)

Berdasarkan INDEX terbitan buku-buku Tongkat Gembala thn 1958.  

Pekabaran dari Malaikat yang ketiga dari Wahyu 14 akan ditemukan di dalam buku-buku terbitan Roh Nubuatan berikut ini :

1.    Patriarchs and Prophets

2.    Prophets and Kings

3.    Desire of Ages

4.    Acts of the Apostles

5.    The Great Controversy

6.    Testimonies for the Church vol. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 & 9

7.    Manuscript Releases 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 

       16, 17, 18, 19 & 20

8.    The Review and Herald, 1851 – 1951

9.    Signs of the times, 1875 – 1895

10.    The Spirit of prophecy vol. 1, 2, 3 & 4

11.    Spiitual Gifts vol. 1, 2, 3, 4A & 4B

12.    Counsels to Writers and Editors

13.    Early Writings

14.    Education

15.    Evangelism

16.    Faith and Works

17.    Messages to young people

18.    Mind Character and personality, volume 1

19.    Mind Character and personality, volume 2

20.    Our high calling

21.    Steps to Christ

22.    Temperance

23.    Testimonies to Ministers and Gospel Workers

24.    That I may know Him

25.    The Ministry of Healing

26.    Christian service

27.    Christs object lessons

28.    Thoughts from the mount of blessing

29.    The Adventist Home

30.    Child guidance

31.    Selected messages book 1, 2 & 3

32.    The faith I live by

33.    Counsels on stewarship

34.    My life today

35.    1888 Sermons

36.    Reflecting Christ

37.    Gospel workers

38.    Sons and daughters of God