Bagaimana
ajaran Tongkat Gembala itu berkembang sesudah nabinya Victor T. Houteff  meninggal dunia




Victor T. Houteff :

 “……………… sebagai guru-guru dari Tongkat Gembala (terbitan-terbitan resmi dari Persekutuan Davidian MAHK), k a m i harus mengajar hanya dalam terang dari Tongkat itu bagian-bagian pekabaran (passages) yang dalam satu dan lain hal perlu untuk diinterpretasikan. Hanya dengan demikian inilah semua penganut Kebenaran Sekarang akan senantiasa memiliki pemikiran yang sama, sependapat, dan membicarakan perkara-perkara yang sama. (1 Korinthi 1: 10; 1 Petrus 3 : 8; Yesaya 52 : 8).” – Kepercayaan-Kepercayaan Dasar DMAHK, hal. 27.

***

P e n d a h u l u a n


Perlu sekali diketahui, bahwa sesudah para nabi akhir zaman mengungkapkan semua rahasia Alkitab yang berupa nubuatan-nubuatan dari Wasiat Lama, buku Wahyu, dan berbagai perumpamaan Jesus di dalam Wasiat Baru sesuai yang dinubuatkan di dalam Amos 3 : 7, maka seluruh Alkitab itu sesungguhnya sudah habis diinterpretasikan  ke dalam ROH NUBUATAN.  Dengan demikian, maka sesuai prosedur kerja dari para nabi itu sebagaimana yang dinubuatkan pada buku Zakharia pasal 4, maka selesailah sudah tugas mereka.  Semua hasil kerja mereka itu kini tertampung di dalam mangkok emas, yang melambangkan ROH NUBUATAN. Lihat gambar bagan dari nubuatan Zakharia pasal 4 berikut ini.


Selanjutnya adalah tugas dari guru-guru atau pendeta-pendeta pilihan Ilahi. Ini berarti, bahwa apabila nabi-nabi akhir zaman itu sudah meninggal dunia, maka akan kelak berlaku ucapan Nyonya White dan Sdr.  Houteff yang di bawah ini :  

“Bukan hanya pada pendeta yang diurapi terdapat tanggung jawab untuk keluar memenuhi tugas ini. Setiap orang yang telah menerima Kristus dipanggil untuk bekerja bagi penyelamatan sesamanya. …………..
Allah akan mengutus ke dalam kebun anggurNya banyak orang yang belum pernah didedikasikan kepada tugas pelayanan melalui tumpangan tangan.” – The Acts of the Apostles, p. 110.

“……………… sebagai guru-guru dari Tongkat Gembala (terbitan-terbitan resmi dari Persekutuan Davidian MAHK), k a m i harus mengajar hanya dalam terang dari Tongkat itu bagian-bagian pekabaran (passages) yang dalam satu dan lain hal perlu untuk diinterpretasikan. Hanya dengan demikian inilah semua penganut Kebenaran Sekarang akan senantiasa memiliki pemikiran yang sama, sependapat, dan membicarakan perkara-perkara yang sama. (1 Korinthi 1: 10; 1 Petrus 3 : 8; Yesaya 52 : 8).” – Kepercayaan-Kepercayaan Dasar DMAHK, hal. 27.

Houteff adalah n a b i, bukan guru, maka ucapannya di atas ini tak dapat tiada baharu berlaku apabila ia sudah meninggal dunia. Tegasnya ucapannya itu baharu akan berlaku sesudah tahun 1955, maka sesudah tahun 1955 akan ada kelak guru-guru Tongkat Gembala pilihan Ilahi yang mengajar hanya dalam terang dari Tongkat Gembala bagian-bagian pekabaran (passages) di dalam mangkok emas yang melambangkan ROH NUBUATAN, yang dalam satu dan lain hal perlu untuk diinterpretasikan lebih lanjut.

Contoh kasus dari bagian-bagian dari
pekabaran itu yang masih perlu diinterpretasikan lagi

(1).   Sebuah tulisan dari Nyonya White berikut ini :

“Allah akan membangunkan umat-Nya; jika cara-cara lain gagal, maka berbagai faham yang bertentangan (heresies) akan masuk di antara mereka, yang akan m e n y a r i n g  mereka itu,  m e m i s a h k a n    s e k a m  daripada  g a n d u m. Tuhan menyerukan kepada semua yang percaya pada firman-Nya untuk bangun daripada tidur. Terang yang bernilai mahal sudah datang, yang sesuai bagi waktu ini. Itulah kebenaran Alkitab yang menunjukkan berbagai bahaya yang sudah ada di hadapan kita. Terang itu akan memimpin kita kepada suatu penyelidikan yang tekun terhadap Alkitab dan suatu pemeriksaan yang saksama terhadap berbagai posisi kita yang ada sekarang.”Testimonies, vol. 5, p. 707, 708.

Tandailah dengan saksama ucapan Nyonya White itu. Di zaman Nyonya White Gereja MAHK belum pernah terbagi ke dalam dua kelas umat yang terpisah : lima anak dara bijaksana atau gandum di satu pihak, dan lima anak dara bodoh atau lalang di lain pihak. Jadi, sekalipun ia pernah menyebut “sekam” yang akan disaring keluar, namun siapa-siapa  mereka itu yang masuk kategori sekam sesungguhnya belum diketahuinya, sebab mereka itu belum pernah ada di masa hidupnya. 

Kemudian di zaman Sdr. Houteff. Sekalipun Gereja MAHK sejak tahun 1935 sudah terbagi dua : Mereka dari kelas gandum atau dara-dara yang bijaksana itu sudah berada bersama Houteff di Waco, Texas, dan mereka dari kelas lalang atau dara-dara yang bodoh itu masih tetap berada bersama Organisasi General Conference of SDA, namun mereka yang masuk kategori “s e k a m” itupun sama sekali belum ada di Waco, Texas di zamannya nabi Houteff.

Jadi, terang yang bernilai mahal yang cocok sesuai bagi waktu ini (di waktu itu)  sesungguhnya belum selengkapnya dikenal, baik di zaman Nyonya White maupun sampai di zaman nabi Houteff sendiri. 

(2) Sebuah lagi tulisan dari hamba Tuhan Nyonya White :

“Mari kuberitahukan kepadamu, bahwa Tuhan akan bekerja dalam pekerjaan yang terakhir ini dalam suatu cara yang sama sekali berbeda daripada biasanya, dan dalam cara yang bertentangan dengan setiap rencana manusia. Akan ada orang-orang di antara kita yang selalu ingin mengontrol pekerjaan Allah, untuk mendikte sampai kepada pergerakan apa saja yang akan dibuat apabila pekerjaan itu bergerak maju di bawah pengarahan dari malaikat itu yang bergabung dengan malaikat yang ketiga dalam pekabaran (ROH NUBUATAN) yang akan diberikan kepada dunia. Allah akan menggunakan cara-cara dan sarana oleh mana iaitu akan tampak, bahwa IA sedang memegang kendali pemerintahan di dalam tangan-Nya sendiri. Para pekerja akan terpesona oleh sarana-sarana yang sederhana yang akan digunakan-Nya untuk membuat dan memantapkan pekerjaan pembenaran-Nya.”Testimonies to Ministers, p. 300. – (dalam kurung tambahan)

Ucapan hamba Tuhan Nyonya White di atas itupun belum sepenuh jelas di masa hidupnya,  sebab “pengarahan dari malaikat itu (malaikat Wahyu 18 : 1) yang bergabung dengan malaikat yang ketiga dalam pekabaran yang akan diberikan kepada dunia” belum ada, dan belum dikenal di zaman Nyonya White.  Berarti ROH NUBUATAN dari Wahyu 19 : 10 itu belum lagi terbentuk di zaman Nyonya White.

(3) Sebuah tulisan dari nabi Houteff berikut ini :

“Segala perkara yang dapat dilakukan melawan pekabaran Allah bagi zaman ini, akan dilakukan dengan dendam yang bahkan lebih besar daripada yang dimanifestasikan melawan pekabaran sorga di zaman kedatangan Kristus yang pertama, karena Iblis mengetahui, bahwa jika ia kalah sekarang, maka ia akan kalah untuk selama-lamanya --- sehingga ia tidak akan memperoleh kesempatan lagi  yang lain. Oleh sebab itu, keadaan pada waktu ini adalah sangat mendesak agar setiap anggota sidang dari jam ke-sebelas secepatnya dan dengan teguh memperkuat dirinya melawan usaha musuh untuk mengirimkan sebuah pukulan yang mematikan kepadanya.
Kita juga harus waspada untuk menyadari bahwa pukulan itu akan datang secara mengejutkan dari musuh-musuh yang tidak dicurigai --- dari rekan-rekan penginjil yang sama, yang tidak kurang setianya daripada para imam di zaman Kristus. Lagi pula, adalah terutama supaya diwaspadai, bahwa musuh itu akan menggunakan setiap sarana yang mungkin untuk menghalangi Tuhan mengeluarkan 144.000 hamba-hamba buah pertama-Nya itu yang kini masih tersembunyi, yaitu mereka yang akan pergi mengumpulkan buah-buah kedua
(Wahyu 7 : 9). Musuh itu akan mencoba apa saja yang mungkin untuk mengacau, untuk menggelapkan, dan untuk menudungi kebenaran, terutama mengenai masalah 144.000 itu.”Pembina Gedung Putih, hal. 34, 35.

Bagian-bagian pekabaran dari Tongkat Gembala di atas inipun belum pernah digenapi di masa hidup nabi Houteff. Itulah sebabnya, maka siapa Musuh yang pertama sekali mengirimkan pukulan yang mematikan  kepada mereka yang ditinggalkannya sejak tahun 1955 itu belum jelas. Bahkan perihal Musuh yang kedua, sekalipun telah ditegaskannya, bahwa mereka itulah rekan-rekan penginjil yang sama, yang tidak kurang kesetiaannya daripada para imam dari Sanhedrin di zaman Jesus. Inipun masih banyak sekali diperdebatkan pengertian-nya, sebab belum pernah diungkapkan sendiri kepada kita oleh hamba Tuhan Houteff.  

(4) Sebuah lagi tulisan dari nabi Houteff sebagai berikut :

“Karena Alkitab dan buku-buku Roh Nubuatan merupakan satu-satunya sumber dari pekabaran Tongkat Gembala, maka apabila Tongkat itu diajarkan, Alkitab dan Roh Nubuatan juga harus diajarkan. Dan karena tidak satupun selain Roh Kebenaran yang telah mengirim rahasia-rahasia Ilham itu, yang dapat menginterpretasikan sekaliannya, maka orang-orang yang mencoba mengajarkannya tanpa otoritas interpretasi yang diilhami ini, tak dapat tiada akan jatuh ke dalam praktek intderpretasi sendiri yang terlarang itu …………………………………
“…………..  sebagai guru-guru (bukan nabi) dari Tongkat Gembala (terbitan-terbitan resmi dari Persekutuan Davidian MAHK), k a m i harus mengajar hanya dalam terang dari Tongkat itu bagian-bagian pekabaran (passages) yang dalam satu dan lain hal p e r l u untuk diinterpretasikan. HANYA DENGAN DEMIKIAN INILAH SEMUA PENGANUT KEBENARAN SEKARANG AKAN SENANTIASA MEMILIKI PEMIKIRAN YANG SAMA, SEPAKAT DAN MEMBICARAKAN PERKARA-PERKARA YANG SAMA (1 Korinthi 1 : 10; 1 Petrus 3 : 8; Jesaya 52 : 8).“ --- Kepercayaan-Kepercayaan Dasar Davidian MAHK, hal. 26, 27. ( Tambahan kurung dari penulis )

Tandailah dengan saksama, bahwa ucapan hamba Tuhan Houteff di atas ini baharu akan belaku apabila beliau sudah mati, artinya sesudah tahun 1955. Berarti, sesudah tahun 1955 baharu akan muncul guru-guru pilihan ilahi itu, yang akan mengajar dalam terang dari Tongkat Gembala bagian-bagian pekabaran itu di dalam ROH NUBUATAN yang dalam satu dan lain hal perlu untuk diinterpretasikan lebih lanjut. Baharulah genap ucapan hamba Tuhan Nyonya White sebelumnya yang mengatakan :

“ALLAH AKAN MENGUTUS KELUAR KE DALAM KEBUN ANGGURNYA (SIDANG JEMAAT LAODIKEA) BANYAK ORANG YANG BELUM PERNAH DIDEDIKASIKAN KE DALAM TUGAS KEPENDETAAN MELALUI TUMPANGAN TANGAN.” – The acts of  the Apostles, p. 110, ( Dalam kurung dari penulis ).

Karena guru-guru pilihan Ilahi itu belum pernah didedikasikan ke dalam tugas pelayanan melalui tumpangan tangan, maka jelaslah bahwa mereka itu adalah bukan guru-guru atau pendeta-pendeta pilihan Organisasi Pusat Davidian MAHK di Amerika Serikat.

Saudara ! Keempat contoh kasus di atas telah disampaikan kepada kita oleh Nyonya White maupun oleh Sdr. Victor T. Houteff berupa hanya informasi atau pemberitahuan, padahal semua yang diinformasikan itu sesungguhnya belum ada dan belum sepenuhnya terjadi di masa hidup mereka. Itulah sebabnya, maka baik Nyonya White maupun Sdr. Houteff belum dapat menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan kasus-kasus yang diinformasikannya itu sebelum sekaliannya itu menemui kegenapan sejarahnya di kemudian hari. 

Tetapi justru di waktu inilah kasus-kasus yang diramalkan itu sudah terjadi menemui kegenapan sejarahnya, namun kedua hamba Allah yang sederhana itu sudah lama meninggal dunia. Oleh sebab itu, maka sesuai pesan yang ditinggalkan oleh hamba Tuhan Houteff di atas, maka guru-guru tongkat Gembalalah yang akan mengungkapkan semua kasus yang sedemikian itu kepada kita di bawah terang dari Tongkat Gembala.

Namun hendaklah selalu diingat, bahwa setelah kedua hamba Allah itu meninggal dunia, maka guru-guru Tongkat Gembala itu bukan lagi berasal dari Organisasi Pusat Davidian MAHK, sebab mereka itu tidak lagi dikenal oleh pelantikannya di depan umum Sidang Jemaat melalui tumpangan tangan.

Bahkan tampak jelas sekali, bahwa sesudah hamba Tuhan Houteff meninggal dunia dalam tahun 1955, maka genaplah ucapan Nyonya White yang mengatakan :

“Allah akan membangunkan umat-Nya; jika cara-cara lain gagal, maka berbagai faham yang bertentangan (heresies) akan masuk di antara mereka, yang akan m e n y a r i n g  mereka itu,  m e m i s a h k a n    s e k a m  daripada  g a n d u m. Tuhan menyerukan kepada semua yang percaya pada firman-Nya untuk bangun daripada tidur. Terang yang bernilai mahal sudah datang, yang sesuai bagi waktu ini. Itulah kebenaran Alkitab yang menunjukkan berbagai bahaya yang sudah ada di hadapan kita. Terang itu akan memimpin kita kepada suatu penyelidikan yang tekun terhadap Alkitab dan suatu pemeriksaan yang saksama terhadap berbagai posisi kita yang ada sekarang.”Testimonies, vol. 5, p. 707, 708.

Perlu sekali diketahui, bahwa setelah nabi Houteff meninggal dunia, maka dalam tahun 1955 itu juga telah berdiri beberapa Pusat Organisasi Davidian MAHK di Amerika. Berarti, sejak itu juga berbagai faham yang saling bertentangan itu mulai masuk. Dan sejak itu pula mereka yang masuk kategori “s e k a m” itu mulai berada di tengah-tengah umat Davidian Penganut Kebenaran Sekarang dari Houteff. Dan baharu sesudah itulah TERANG YANG BERNILAI MAHAL ITU AKAN DATANG, YANG COCOK BAGI WAKTU INI.

Terang yang bernilai mahal itu 
akan menyaring keluar s e k a m – s e k a m  itu

Sebagaimana halnya “s e k a m” belum pernah dikenal di masa hidupnya Houteff, maka terang yang bernilai mahal itu pun belum akan ada di waktu itu. Oleh sebab itu, maka apabila BAGIAN-BAGIAN DARI PEKABARAN (passages) di dalam ROH NUBUATAN atau Mangkok Emas dari nubuatan Zakharia pasal 4 itu kelak diungkapkan dan di interpretasikan di antara kita, maka ketahuilah bahwa mereka yang menginterpretasikan sekaliannya itu adalah guru-guru Tongkat Gembala pilihan Ilahi saja, dan hasil interpretasi mereka itulah yang disebut TERANG YANG BERNILAI MAHAL ITU YANG COCOK BAGI MASA KINI.

Jadi, “HANYA DENGAN DEMIKIAN INILAH SEMUA PENGANUT KEBENARAN SEKARANG AKAN SENANTIASA MEMILIKI PEMIKIRAN YANG SAMA, SEPAKAT DAN MEMBICARAKAN PERKARA-PERKARA YANG SAMA (1 Korinthi 1 : 10; 1 Petrus 3 : 8; Jesaya 52 : 8).“ --- Kepercayaan-Kepercayaan Dasar Davidian MAHK, hal. 26, 27. (Tambahan dari penulis). SEMENTARA ITU SEMUA DAVIDIAN-DAVIDIAN YANG  MASUK KATEGORI S E K A M  SUDAH AKAN TERSARING KELUAR. 

Artinya, di bawah terang yang bernilai mahal itu semua umat akan dibuat bersatu ke dalam mereka 144.000 umat pilihan Allah yang akan datang, sementara mereka yang masuk kategori s e k a m  akan kelak tersaring keluar untuk kelak dibantai pada hari Tuhan yang besar dan mengerikan yang akan datang.

Karena Tuhan Allah tidak lagi mengakui ORGANISASI manapun juga untuk menggantikan Houteff sesudah kematiannya, maka guru-guru pilihan Ilahi itu tidak lagi diambil dari guru-guru pilihan Organisasi yang sudah diurapi melalui tumpangan tangan di depan umum orang banyak. Jadi, guru-guru pilihan Ilahi itu akan hanya dapat dikenal apabila kita mau menyambut TERANG YANG BERNILAI MAHAL ITU YANG COCOK BAGI MASA INI. Terang yang bernilai mahal itu sendiri berasal dari semua upaya guru-guru Tongkat Gembala pilihan Allah yang telah mengajar di bawah terang dari Tongkat Gembala bagian-bagian dari pekabaran di dalam ROH NUBUATAN, yang dalam satu dan lain hal perlu untuk diinterpretasikan lebih lanjut. Lihat keempat contoh kasus di atas.

Perhatian : Tersaring keluar bukan berarti sudah akan berada di luar Organisasi Pusat Davidian MAHK di Amerika. Adanya bagian-bagian pekabaran di dalam ROH NUBUATAN yang diinterpretasikan lebih lanjut di bawah terang dari Tongkat Gembala bukan berarti perbuatan menambah-nambah dan mengurang-ngurang yang dinubuatkan pada Wahyu 22 : 18, 19. Sekali-kali tidak, sebab justru hasil dari interpretasi terhadap bagian-bagian dari pekabaran di dalam ROH NUBUATAN itulah yang telah mendatangkan TERANG YANG BERNILAI MAHAL ITU,  YANG COCOK BAGI MASA KINI.

P e n u t u p

Apabila gambar nubuatan dari Zakharia pasal 4 di atas diteliti kembali, maka tak dapat dibantah bahwa sesudah Alkitab yang dilambangkan oleh dua pohon zait itu diinterpretasikan habis i s i n y a ke dalam mangkok emas yang melambangkan ROH NUBUATAN (Gabungan Roh Nubuatan dan Tongkat Gembala), maka giliran berikutnya adalah guru-guru pilihan Ilahi yang akan mengajar di bawah terang dari Tongkat Gembala bagian-bagian pekabaran dari ROH NUBUATAN di dalam mangkok emas, yang dalam satu dan lain hal perlu untuk diinterpretasikan lebih lanjut bagi kita.

Jadi, sesudah hamba Tuhan Houteff meninggal dunia dalam tahun 1955, maka semenjak itulah ucapan Nyonya White pada bukunya : Testimonies, vol. 5, p. 707, 708 akan sepenuhnya digenapi sebagai berikut :

  1. Organisasi Pusat Gunung Karmel di Waco, Texas, pecah menjadi beberapa Organisasi Pusat Gunung Karmel di Amerika Serikat.
  2. Berbagai faham yang saling bertentangan masuk di antara mereka berupa s e k a m (bukan lalang).
  3. Sementara itu TERANG yang bernilai mahal itu juga datang masuk di antara semua umat.
  4. Sementara itu juga semua umat masih berada dalam keadaan mengantuk dan tertidur.   

Karena guru-guru pilihan Ilahi itu tidak mungkin lagi muncul keluar dari Organisasi-Organisasi Pusat Gunung Karmel yang saling bersaing itu, maka sesuai ucapan nubuatan dari Zakhariah 13 : 7 mereka itu yang berkelompok kecil-kecil (bukan lagi yang besar-besar dari Organisasi- Organisasi Pusat Gunung Karmel itu) akan berada langsung di bawah kendali dari tangan Tuhan Allah sendiri.

Demikian itulah, maka di bawah terang yang bernilai mahal dari guru-guru pilihan Allah itu semua “sekam” akan tersaring keluar, lalu semua kita akan dibuat sepakat, sehati dan sepikir, dan membicarakan perkara-perkara yang s a m a. Demikian inilah mereka 144.000 umat pilihan Allah yang akan datang kelak terbentuk.

*****